Langsung ke konten utama

Bintang hanya untuk Bulan

           Jatuh cinta memang indah. Tapi dengannya, aku memutuskan untuk membangun cinta. Hari itu, aku pertama kali bertemu dengannya usai berkenalan melalui daring WhatsApp melalui salah seorang teman kami. Tak kusangka aku langsung jatuh hati saat pertama kali menatap matanya. Tampak dingin, namun bersahaja. Melalui genggaman tangannya saat hujan dan hembusan angin dingin yang menyergapku, aku mampu merasakan getaran yang tak pernah kurasakan sebelumnya. Nyaman. Damai. Tenteram. Dan Indah. Sorot matanya menatapku tajam, namun menyejukkan. Dingin yang kurasa kala itu seketika hilang dan berubah menjadi hangat. Tubuhnya selalu hangat meski ia bersikap dingin. Ia mendekatkan tubuhnya untuk menghangatkanku dan menggenggam lembut jemariku. Dan sejak saat itulah aku merasakan hati dan debaran jantungnya. Sejak itu pula aku menempatkan ia dalam hatiku. Dan aku merasa ialah belahan jiwa yang aku cari sepanjang perjalanan kehidupanku.            

           Singkat cerita, kami semakin dekat dan semakin dekat hingga tiba saat pertemuan selanjutnya yaitu di hari akhir tahun 2017. Kami melewati malam pergantian tahun bersama-sama dengan 2 teman kami lainnya. Malam itu, di balkon kamar kosku, ia menyatakan perasaannya padaku. Suatu momen yang tidak pernah aku sangka akan terjadi karena ia sangat cuek dan dingin, siapa yang mengira ia bakal memiliki perasaan terhadapku? Ia berkata “Aku sayang sama kamu. Tapi aku ngga mau pacaran. Soalnya kalo pacaran nanti ada kata-kata pisah” begitu manis dan saat itu juga kami berkomitmen untuk saling menyayangi. Asumsiku saat itu adalah bahwa masalah apapun nanti yang akan aku hadapi dengannya, tidak akan menyebabkan kami berpisah. Mendengar bahwa pada hubungan sebelumnya ia pernah menjalin cinta selama 4tahun membuatku yakin bahwa bersamanya aku akan mampu langgeng sampai menikah dan memperbaiki apa yang salah dan menjadi penyebab gagalnya hubungan sebelumnya.

            Pertemuanku dan dia tidak seperti pasangan pada umumnya yang dekat. Kami terhalang oleh jarak dan waktu tempuh untuk sekali bertemu sekitar 2,5jam. Cukup jauh bukan. Beda kota membuat rasa rindu semakin menggebu-gebu dan tak khayal pertemuan adalah suatu yang selalu dinanti-nanti. Sebulan sekali kami bertemu. Itupun kalau ada jadwal kosong. Terkadang banyak lembur yang menghalangi pertemuan kami. Jarak mengajarkanku untuk bersabar dan mengerti keadaan.

            1,5 tahun menjalin hubungan dengannya, suka duka, tawa canda, susah senang sudah kami lewati bersama-sama hingga sampailah pada titik dimana api menyulut dan menghancurkan hubungan kami. Kami saling mengedepankan ego tanpa memahami masing-masing. Aku tidak pernah menyangka bahwa satu kesalahanku mampu membutakannya dari segala cinta yang sudah kami jaga dan pupuk 1,5tahun lamanya. Aku tidak menduakannya. Kesalahanku adalah tidak berpikir panjang. Aku selalu berpikir simpelnya. Dia memiliki privasi yang tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun. Termasuk aku. Dan tindakan konyol yang aku lakukan adalah menerobos privasinya. Aku tak pernah menyangka ia akan semarah itu hingga memilih untuk mengakhiri hubungan. Padahal tindakan yang kulakukan tidak pernah memiliki maksud untuk berbuat yang tidak-tidak. Aku hanya tidak ingin mengganggu tidurnya. Dan karena ada promo kurasa akan lebih berhemat. Pikirku hanya sebatas itu. Namun ia berpikir lain. Pikirnya aku telah nekat melakukannya.

            Sebulan aku berusaha menjelaskan kesalahpahamannya tentang tindakanku. Namun ia tetap bersikeukeuh dengan keyakinannya. Bahwa bersamaku adalah suatu kesalahan. Demi Tuhan aku hancur. Selama sebulan lebih aku dirundung tangis dan hati yang sakit atas kepergiannya. Aku menganggapnya anugerah terindah, namun ternyata ia menganggap sebaliknya. Aku hancur sehancur-hancurnya. Hatiku serasa kosong tak berjiwa. Mengapa? Karena separuh jiwaku sirna. Ia memutuskan melalui pesan singkat. Aku benar-benar tidak mengerti dengan situasi ini. Bagaimana mungkin. Alasan yang ia gunakan sungguh tidak masuk akal dan logikaku. Karena aku melakukannya tanpa ada maksut jahat untuk hidupnya.

            Kami tak lagi bertegur sapa. Meski aku selalu mencoba. Ia tetap memilih untuk diam membisu. Ia memilih untuk masing-masing. Dan ia tampak baik-baik saja dengan perpisahan ini. Sementara aku hancur lebur. Berjuang bersama membuatku lebih semangat dalam menjalani kehidupan ketimbang berjuang sendiri. Namun apa boleh buat , ia memutuskan jalan masing-masing seperti ini.

            3 tahun berlalu. Aku telah lulus kuliah dan memutuskan untuk kembali ke kampung halamanku dan bekerja sebagai ASN di Kantor Kejaksaan daerah. Aku masih sendiri dan masih menantinya. 3 tahun berlalu dan aku masih mengharapkannya. Walau kami sudah tak saling bertegur sapa. Sejak saat ia mengabaikanku, aku memilih untuk tidak lagi muncul di sosial media. Dan selama 3 tahun itu aku sama sekali tidak tau menau kabar tentangnya. Hingga suatu ketika aku mendapatkan undangan pernikahan temanku yang juga temannya saat di perantauan, aku memutuskan untuk menghadiri acara tersebut. Siapa sangka, aku berpapasan dengannya. Ia yang sangat aku rindukan. Hatiku masih berdebar-debar melihatnya. Aku memalingkan muka menghadap ke deretan prasmanan. Ia mendekat dan menyapaku. Ku atur nafas dan mendongak. Ya dia memang bintangku dan selalu bersinar setiap aku menatapnya.

            Ia mengajakku untuk menuntaskan masalah yang lalu. Ia menceritakan bagaimana kehidupannya selama 3 tahun. Dan ia mengatakan merindukanku. Ia telah mencoba untuk bersama dengan wanita lain dan ternyata tidak ada yang senyaman saat bersamaku. Aku jual mahal mengingat apa yang ia lakukan padaku 3tahun lalu. Ia mengabaikanku. Kini aku tidak mengabaikannya, aku memberinya kesempatan untuk memperbaiki hubungan kami yang telah hancur. Kini aku percaya bahwa harapan dan doa yang kupanjatkan selama ini di dengar oleh Allah dan bahwa apa yang ia katakan padaku “Kalau jodoh pasti bakal balik, Bulan”. Semoga saja kali ini tidak ada perpisahan lagi diantara kita karena kita telah dewasa dan matang saat ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM POLITIK KEKERABATAN YANG MENGUATKAN DINASTI DALAM KONTES PEMILU DI INDONESIA

Hola readers!           Kehadiran politik kekerabatan di negara demokrasi seperti Indonesia sesungguhnya bukan fenomena baru di masyarakat lokal maupun nasional. Politik kekerabatan yang membangun dinasti politik di negara demokrasi dapat berakibat pada meningkatnya kekhawatiran masyarakat terhadap munculnya ketidakseimbangan distribusi kekuasaan politik yang menunjukkan kecacatan dalam representasi demokratis yang disebut dengan authority bear power . Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Mosca bahwa setiap kedudukan sosial menampilkan kecenderungan untuk menjadi turun-temurun, [1]  bahkan dikala posisi politik sepatutnya terbuka bagi semua orang, namun kedudukan keluarga penguasa akan memperoleh keuntungan yang lebih besar seperti contohnya mendapatkan nomor urut 1 di kertas suara.           Tidak menampik kemungkinan fenomena diatas menjadi budaya apabila terus-menerus dibiarkan. Di dalam bentuk negara demokrasi yang ideal, sistem kekerabatan tentu bukan menjadi anjuran bagi peserta p

THE UNITED STATES PRESIDENTIAL ELECTION MODEL

     U.S presidential contest is unique in the world because of the magnitude of the office, every presidential election is historical and impacts upon the rest of the world. The formal criteria for becoming president as set forth in article 11, Section I of the Constitution are threefold : natural born citizen, at least 35 years old, and a resident of the United States for 14 years. But the informal criteria are numerous and include political experience, personal charisma, fundraising, and audience adaptation.     Presidential contest extends beyond the traditional three-month campaign between Labor Day and November every four years. The contest has become continual and a matter of lifelong training and maneuvering. The right person is not just found but is created, demonstrated, and articulated to the American public. The strategies and tactics presidential candidates use to present themselves and to communicate with American public are of vital importance and are the focus of this c

Kebolehan Mantan Napi Korupsi Memeriahkan Kontestasi Pemilu Legislatif 2024 di Indonesia

     Korupsi nampaknya selalu menjadi agenda reformasi yang tidak henti-hentinya digalakkan di Indonesia. Sejak kejatuhan Era Suharto Tahun 1998 hingga saat ini, pemerintah selalu mengupayakan untuk memberantas tindak pidana korupsi, kolusi, dan nepotisme yang menjadi penyakit umum di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini. Menurut Laporan Transparency Internasional terbaru menunjukkan bahwa, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia tercatat sebesar 34 poin dari skala 0-100 pada 2022. Angka ini menurun 4 poin dari tahun sebelumnya. Penurunan IPK ini turut menjatuhkan urutan IPK Indonesia dalam perankingan Internasional.       Kasus korupsi seringkali dan marak terjadi dilakukan oleh para politisi yang menduduki baik pada tingkatan pejabat eksekutif, hingga legislatif. Baru-baru ini terkuak kasus korupsi yang dilakukan oleh 2 Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Jokowi, Johnny G. Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika dan Syahrul Yasin Limpo selaku Men